Selasa, 19 November 2013

Detik-detik Saat Kapal Selam U-Boat di Karimun Dihantam Torpedo Belanda

Jakarta - Misteri keberadaan kapal selam U-Boat milik Jerman di perairan Karimun Jawa sedikit demi sedikit mulai terkuak. Ternyata, kapal itu tenggelam dihantam torpedo kapal selam milik Belanda.
http://www.campaign.com/home
Dalam situs Uboat.net, tercatat sejarah soal kapal selam berseri U-168 tersebut. Disebutkan, kapal itu tenggelam pada pukul 01.30 tanggal 06 Oktober 1944 di perairan Jawa.
http://www.campaign.com/home
"Tenggelam di posisi 06.20S, 111.28E oleh torpedo dari kapal selam Belanda HrMs Zwaardvisch," demikian informasi di situs tersebut saat dikutip detikcom, Rabu (20/11/2013). 
http://www.campaign.com/home
Situs Uboat.net memang fokus membahas segala hal tentang kapal selam U-Boat. Mereka mengambil referensi dari sejumlah catatan terkenal para ahli, di antaranya buku U-Boat Operations of the Second World War - Vol 1 yang ditulis Kenneth Wynn, lalu Hitler's U-boat War dan German U-Boat Losses During World War II.
http://www.campaign.com/home
Kapal selam itu memang dikirim ke Jawa untuk membantu Jepang yang bersekutu dengan Jerman. Berdasarkan data di Jerman, memang ada dua kapal selam milik tentara Hitler yang tak selamat di Laut Jawa. Dua kapal itu sempat mengirimkan sinyal sebelum tenggelam.
http://www.campaign.com/home
Kini, kapal tersebut ditemukan oleh para peneliti arkeologi nasional. Mereka mendapat informasi dari para nelayan.
http://www.campaign.com/home
Kapal itu ditemukan di perairan Karimun Jawa, berjarak 10 jam dari Pulau Karimun Jawa. Butuh beberapa kali penyelaman sebelum akhirnya menemukan titik bangkai kapal. Tim menyewa sebuah kapal sembako untuk melakukan pencarian.
http://www.campaign.com/home

Tidak ada komentar:

Posting Komentar